Kajian Islam Ust Abu Rusydan : Bedah Buku Balada Jihad AlJazair

Buku ini merupakan rangkuman testimoni Abu Mus’ab As Suuri, seorang ideolog jihad terkemuka di Suriah.

Menurut Ustadz Abu Rusydan, Syaikh Abu Mush’ab As-Suri ini  merupakan seorang pemikir sekaligus praktisi amal islami terutama amal jihadi di dunia Islam yang dikalangan kalangan kaum Muslimin sendiri belum terlalu dikenal.

“Padahal tulisan-tulisannya setiap kali muncul dalam bentuk buku atau tulisan-tulisan pendeknya di beberapa penerbitan-penerbitan itu selalu menjadi perhatian serius dari lembaga-lembaga kemanan di Amerika,” ujarnya.

Karena itu, buku ini sarat pelajaran berharga. Dan jangan sampai kaum muslimin jatuh ke lubang yang sama untuk yang kedua kalinya.

Eksperimen jihad di Aljazair adalah eksperimen jihad yang paling tragis di samping juga memberikan banyak manfaat, hikmah, pelajaran, bagi kita semua gernerasi yang akan datang.

Buku ini berkisah tentang lika-liku perjuangan gerakan jihad di Aljazair sekitar 1990-an hingga tahun 2004 yang dimulai dengan pecahnya perang saudara setelah militer menghalangi gerakan Partai Pembabasan Islam (FIS) yang hendak mengambil alih kekuasaan selepas kemenangan mereka dalam pemilu.

Diantara kelompok yang bangkit melawan pemerintah adalah al-jama’ah al-islamiyyah al-musallahah (GIA). Kelompok ini merupakan salah satu kelompok terbesar mujahidin pada era jihad melawan rezim sekuler Aljazair tahun 1995-2000.

Sayangnya kelompok ini berubah menjadi kelompok bersenjata yang berlaku serampangan dalam menerapkan kaidah Takfir. Mereka serampangan dalam menerapkan kaidah: “barang siapa yang tidak mengkafirkan orang kafir, niscaya ia telah kafir”.

Dengan ganas mereka membunuh anak-anak, wanita dan orang tua para polisi dan tentara rezim Aljazair. Tidak hanya itu, GIA juga terpengaruh paham yang menghalalkan pembunuhan dan perampasan harta masyarakat awam kaum muslimin yg tidak mau bergabung dengan mereka. 

Perubahan gerakan kelompok jihad GIA menjadi gerakan yang ekstrem, terjadi ketika beberapa pimpinan yang hanif dari GIA (The Armed Islamic Group) ini terbunuh dan tampuk kekuasaan di ambil alih oleh Abu Abdurrahman Amien.

Inilah tokoh yang disebut Abu Mush'ab As Suri sebagai intelijen yang di susupkan pemerintah Aljazair kepada para mujahidin, orang baru, tidak cukup dikenal kemudian menjadi pemimpin GIA, inilah fitnah terbesar yang di soroti Abu Mush'ab As Suri di setengah lebih halam bukunya.
  
Banyak ulama, komandan mujahid dan sejumlah tokoh islam yg mereka bunuh atau hendak mereka bunuh, karena dianggap telah kafir dan tidak sejalan dengan pemahaman mereka.

Buah dari sikap ekstrem dalam masalah takfir ini pada akhirnya melahirkan sikap trauma dan salah paham ditengah umat terhadap aktivis islam. Jatuhnya korban jiwa -yang disebut-sebut hingga 100 ribu jiwa selama konflik- menjadi harga yang sangat mahal untuk dibayar.

Eksperimen jihad untuk menggulingkan rezim sekuler aljazair pun berujung pada kegagalan.

Menurut Ust Abu Rusydan,  kondisi di Aljazair ketika itu diyakini kurang adanya ulama yang mengarahkan para mujahid sehingga tidak jelas siapa kawan, siapa lawan/musuh, dimana tempat/medan jihad, dan tidak ada wasilah (perantara).

Lebih lanjut ,silahkan simak kajian Islam Ust Abu Rusydan dalam video berikut






Download Gratis Kajian Islam Ust Abu Rusydan : Bedah Buku Balada Jihad AlJazair  di sini





Sumber : Kiblat TV (https://www.youtube.com/watch?v=znYmsquF2bY&t=14s)

Related

Video Kajian Islam 1932003229071378780

Post a Comment

Teknik dan Strategi Menguasai Search Engine Google untuk Memenangkan Kompetisi Website Bisnis

http://picasion.com/

Software GO SMART AND FUN

Total Pageviews

Paling Banyak Dikunjungi

Belajar Import dari Cina

INDONESIAN 3D ARCHITECT COMMUNITY

Translate

item