Download Kajian Islam Ust Adi Hidayat Lc Gratis : Tafsir Ayat Maaliki Yaumiddin

Ibn Abbas ra menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan yaumiddin itu adalah hari perhitungan (hisab) terhadap seluruh makhluk. Ketika pada hari itu, setiap orang akan mendapatkan balasan yang impas dan sesuai dengan amalannya.

Jika amalannya baik maka balasannya tentu saja akan baik. Namun jika amalannya tidak sesuai dengan syariat Allah maka balasannya pun akan setimpal.

Di kehidupan dunia, bisa saja ada raja-raja lain, ada penguasa lain, namun di hari kemudian, semua raja-raja bahkan yang mengakui raja sekalipun tidak kuasa lagi untuk itu.

Pelajaran terpenting dari ayat ini adalah bahwa pada hari kiamat nanti akan terbuktilah siapa sesungguh Sang Penguasa yang hakiki itu. Para raja dan penguasa yang sombong dan merasa seolah-olah tidak ada yang mengalahkan kekuasaannya, pada hari itu bahkan berbicarapun ia tidak bisa melakukanya.

Surah al-Fatihah ayat 4 ini sejatinya mengusik kesadaran kita sebagai hamba, sudah sejauh mana kesombongan kita, keingkaran kita sebagai manusia. Seolah-olah Allah menegur manusia, sebesar apa keingkaranmu di dunia ini, kalau di akhirat kelak kamu tidak bisa berbuat apa-apa…

Hari Kiamat menjadi hari pembalasan bagi seluruh manusia sebagai manifestasi rahmat Allah, hari kiamat merupakan bagian dari kepengaturan Allah atas alam semesta, dan kepemilikan Allah atas Hari Pembalasan merupakan dalil lain pujian kepada Allah swt.


 Lebih lanjut silahkan simak penjelasan Ust Adi Hidayat Lc dalam video berikut





Download Kajian Islam Ust Adi Hidayat Lc Gratis : Tafsir Ayat Maaliki Yaumiddin  di sini






Related

Video Kajian Islam 8530636668925841778

Post a Comment

Anda Sedang Mencari Panduan Cara Meraih Penghasilan dari Internet..? KLIK DISINI

Total Pageviews

Paling Banyak Dikunjungi

FOLLOW ME ON FANSPAGE

Translate

item