Download Kajian Islam Gratis Ust oemar Mita Lc : Ta'aruf dengan Ilmu (lanjutan)

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah dalam kitab  Madaarijus Saalikiin berkata,
 
النَّاسُ إِلَى الْعِلْمِ أَحْوَجُ مِنْهُمْ إِلَى الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ. لِأَنَّ الرَّجُلَ يَحْتَاجُ إِلَى الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ فِي الْيَوْمِ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ. وَحَاجَتُهُ إِلَى الْعِلْمِ بِعَدَدِ أَنْفَاسِهِ

“Kebutuhan manusia terhadap ilmu (syar’i) itu melebihi kebutuhannya terhadap makanan dan minuman. Hal itu karena seseorang membutuhkan makanan dan minuman hanya sekali atau dua kali (saja), adapun kebutuhannya terhadap ilmu (syar’i) itu sebanyak tarikan nafasnya.” 

Demikian juga, Imam Bukhori  rahimahullah berkata : Al Ilmu Qoblal Qoul  wal Amal.  Ilmu sebelum perkataan dan perbuatan. 

Bahkan para ulama menjadikan ilmu sebagai  syarat sah ucapan dan perbuatan.        

Ucapan dan perbuatan tidak akan dinilai kecuali dengan ilmu. Oleh sebab itu, ilmu    didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan. Karena ilmu yang akan men-sahkan niat, dan     niat adalah yang men-sahkan amal.


Oleh karena itu ilmu  sangatlah penting. Setiap orang yang hendak beramal, dia dituntut untuk memahami amal yang akan dia kerjakan. Agar tidak terjerumus dalam kesalahan dan menyebabkan amalnya tidak diterima.

Kesesuaian perbuatan dengan aturan syariat Islam menjadi salah satu syarat diterimanya amal perbuatan. 

Demikian komentar Fudhail bin ‘Iyadh  rahimahullah ketika beliau ditanya tentang ayat “ayyukum ahsanu ‘amala”. Beliau mengatakan bahwa amal yang paling baik adalah amal yang paling ikhlas karena Allah dan amal yang dilakukan paling sesuai dengan  putunjuk Rosulullah Muhammad Shalallahu alaihi wa salam (tatacara syariat Islam). 

Lebih lanjut, silahkan simak kajian Ust Oemar Mita Lc dalam video berikut





Download Kajian Islam Gratis Ust oemar Mita Lc : Ta'aruf dengan Ilmu (lanjutan)  di sini






Related

Video Kajian Islam 2304991659323916823

Post a Comment

Channel Dakwah di Facebook

Channel Dakwah di Facebook
Jendela Menuju Ilmu Syar'i

Channel Dakwah Telegram

Channel Dakwah Telegram
Jendela Menuju Ilmu Syar'i

Total Pageviews

Paling Banyak Dikunjungi

Folow Me on Google Plus

FOLLOW ME ON FANSPAGE

Translate

item