Download Gratis Kajian Islam Ust Oemar Mita Lc : Ketika Cintamu Diuji

Hampir setiap hal yang terjadi di dalam hidup, pasti ada ujian, entah itu dalam hal sekolah, dalam hal pekerjaan, dalam hal iman, begitu juga dalam hal cinta.

Suatu kelak pasti akan diuji untuk menentukan kadar atau kualitasnya. Terkadang si pelaku cinta tak suka bila cintanya diuji, karena dia berfikir tidak dipercaya, tidak dicintai, dll, dll, padahal gak semua ujian cinta tujuannya seperti itu (memang tak bisa dipungkiri ujian cinta juga ada yang tujuannya seperti yang di atas).

Ujian cinta bisa meliputi banyak hal, namun yang paling menonjol adalah ujian kesetiaan, ujian kedewasaan dan ujian kerelaan (berkorban). Untuk ujian yang ketiga ini adalah merupakan puncak cinta. Cinta yang sejati pasti rela berkorban untuk kebahagiaan dan kebaikan orang yang dicintainya.

Begitu juga dengan keimanan.  Tanpa ujian yang dialami seseorang, keimanan orang itu pun belum bisa terbukti. Itulah mengapa, Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an:
أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوْا أَنْ يَقُوْلُوْا آمَنَّا وَهُمْ لاَ يُفْتَنُوْنَ؟

“Apakah manusia bisa mengira dirinya dibiarkan begitu saja mengatakan, “Kami telah beriman.” Sementara mereka tidak diuji?” [Q.s. al-Ankabut: 2]

Maka, tak ada seorang pun, baik manusia biasa maupun utusan Allah, yang menyatakan beriman, kecuali pasti melalui ujian. Ujian yang membuktikan kebenaran imannya. Ujian yang mengangkat derajatnya. Ujian yang membuktikan cinta-Nya kepada kekasih-Nya.

Bukan hanya sahabat yang ditempa ujian, bahkan Nabi pun demikian. Harta, raga dan jiwa pun telah mereka pertaruhkan. Bukan hanya kaum prianya, tetapi wanitanya pun mengambil bagian. Sumayyah harus meregang nyawa, dan menjadi syahidah pertama dalam Islam. Saat menghadapi penyiksaan, Nabi saw. pun sampaikan, “Bersabarlah wahai keluarga Yasir, sesungguhnya janji [yang Allah berikan kepada] kalian adalah surga.” Wanita paruh baya itu pun dengan mantap menjawabnya, “Sungguh, surga itu sudah tampak di depan mataku, ya Rasulullah.”

Khadijah ra, yang kaya raya itu pun telah memberikan seluruh hartanya, jiwa dan raganya untuk Allah dan Rasul-Nya. Dengan sabar menemani, melayani dan memberi semangat kepada suami tercintanya. Berbagai ujian keimanan saat di Makkah dilaluinya bersama sang suami dengan sabar. Saat usianya sudah lebih dari 50 tahun, beliau dengan sabar mendaki Jabal Nur tuk menemani suaminya yang tengah berkhalwat di sana. Beliau menemani selama 3 tahun suaminya diboikot bersama Bani Hasyim dan Abdul Muthallib di Syi’b Abu Thalib, di Makkah.

Abu Bakar, ‘Umar, ‘Utsman, ‘Ali, ‘Abdurrahman, Suhaib dan para sahabat yang lain telah membuktikan keimanan mereka. Ujian demi ujian mereka lalui dengan ikhlas. Mereka tidak pernah mengeluh, karena bagi mereka keluhan saat diuji itu tanda tak rela dengan keputusan Allah SWT. “Fashbir li hukmi Rabbika.” [Bersabarlah kamu dengan keputusan Tuhanmu] [Q.s. al-Insan: 24]. Ujian itu pun mereka sadari sebagai pembuktian iman mereka kepada-Nya. Bahkan, ujian itu telah mengangkat derajat mereka, serta bukti cinta Allah kepada kekasih-Nya.

Nabi bersabda:
إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِىَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

“Sesungguhnya pahala yang besar itu menjadi balasan bagi ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Siapa saja yang ridha, maka dia akan mendapatkan ridha Allah. Siapa yang tidak ridha, maka dia pun berhak mendapatkan murka-Nya.” [H.r. Ibn Majah, Sunan Ibn Majah, no. 4031. Dinyatakan hasan oleh al-Albani].
Betapa berat ujian yang dialami Sumayyah ra., tetapi dia tetap bersabar. Betapa berat ujian yang dihadapi oleh Khadijah ra. bersama keluarganya, tetapi dia tetap bersabar. Ujian yang sama juga dialami oleh para sahabat yang lain, dan mereka pun tetap bersabar. Ketika mereka lolos dari ujian ini, Allah SWT memberi imbalan yang luar biasa.
Lebih lanjut, silahkan simak kajian Ust Oemar Mita ini dalam video berikut



Download Gratis Kajian Islam Ust Oemar Mita Lc : Ketika Cintamu Diuji  di sini






Related

Video Kajian Islam 7054458993744655510

Post a Comment

Teknik dan Strategi Menguasai Search Engine Google untuk Memenangkan Kompetisi Website Bisnis

http://picasion.com/

Software GO SMART AND FUN

Total Pageviews

Paling Banyak Dikunjungi

Belajar Import dari Cina

INDONESIAN 3D ARCHITECT COMMUNITY

Translate

item