Tiga Sebab Utama Mengapa Amerika Sangat Dibenci di Dunia Islam

Sebuah buku bertajuk “Feeling Betrayed; The Roots of Muslim Anger at America (Merasa Dikhianati: Beberapa Sebab Kemarahan Orang Muslim Terhadap Amerika)” baru-baru ini diluncurkan oleh penerbit Brookings Institution, Amerika. Buku anggitan Steven Kull, seorang professor bidang kajian politik di Universitas Merryland, Amerika, itu, menuai perhatian yang sangat luas baik di khalayak Barat atau pun Timur Tengah.

Buku yang ditulis oleh Kull tersebut terbilang sangat penting menimbang muatan buku tersebut yang mengkaji tema besar yang sangat sensitif dan mendunia, yaitu relasi hubungan antara Amerika dan Dunia Islam, sekaligus membahas inti permasalahan yang selama ini menjadi perhatian masyarakat dunia.

Kull sendiri mendasarkan analisa-analisanya atas penelitian yang telah ia lakukan selama kurang lebih empat tahun (sepanjang tahun 2006 hingga 2010) di beberapa negara Muslim.

Dalam buku tersebut, Kull meringkas tiga sebab utama yang menjadikan popularitas Amerika sangat lemah di dunia Islam, bahkan lebih kepada umat Muslim membenci Amerika, di dunia Islam, meski pun banyak dari umat Muslim yang juga memuji sistem demokrasi yang diterapkan oleh Amerika.

Sebab pertama, kata Kull, adalah keberadaan pangkalan militer Amerika di beberapa negara Muslim, khususnya di Timur Tengah. Keberadaan tersebut dipandang sebagai bentuk baru penjajahan dan dominasi Amerika atas dunia Muslim, sekaligus penegasan Amerika atas kegiatan monopoli sumber daya alam (khususnya minyak) yang dimiliki negara-negara Muslim tersebut.

Israel menjadi sebab kedua atas masalah mengapa Amerika begitu tidak disukai oleh dunia Islam. Bagaimana pun, konflik Israel-Arab telah menjadi semacam batu sandungan bagi stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah, bahkan di dunia. Dalam hal ini, Amerika cenderung berada di belakang Israel.

Sementara itu, sebab ketiga adalah dukungan Amerika yang diberikan kepada rezim-rezim diktator di beberapa negara Muslim. Dalam hal ini, Amerika tampak seperti kehilangan jati dirinya. Sebab di satu sisi, Amerika adalah negara yang menerapkan demokrasi dan getol mengkampanyekan demokrasi, sementara, di sisi yang lain, Amerika sendiri bermitra dan mendukung beberapa rezim diktator di beberapa negara Muslim.

كتاب أمريكي يكشف أسباب ضعف شعبية الولايات المتحدة في العالم الإسلامي
آخر تحديث: الخميس 9 يونيو 2011 10:33 ص بتوقيت القاهرة

واشنطن- أ. ش. أ

صدر كتاب أمريكي جديد، عن دار نشر “بروكينج إنستتيوشين”، بعنوان “الشعور بالخيانة..أسباب غضب المسلمين من أمريكا”، ليكشف أسباب ضعف شعبية الولايات المتحدة في العالم الإسلامي، وهو من تأليف البروفسير ستيفن كول، الأستاذ بجامعة ميريلاند الأمريكية.

وترجع أهمية هذا الكتاب إلى أنه ثمرة تحقيقات أجراها المؤلف على أرض الواقع في العديد من الدول الإسلامية في الفترة بين عامي 2006 إلى 2010.

ويخلص الكاتب إلى أن هناك ثلاثة أسباب رئيسية تساهم في ضعف شعبية الولايات المتحدة في العالم الإسلامي، رغم عدم إخفاء المسلمين إعجابهم بالقيم الديمقراطية الأمريكية.

ويري الكاتب أن السبب الأول لكراهية أمريكا في العالم الإسلامي، هو التواجد العسكري الأمريكي في الشرق الأوسط، فالمسلمون يرونه تواجدا استعماريا يستهدف احتكار الثروات البترولية للعالم الإسلامي.

ويلقي الكاتب على إسرائيل جزءا كبيرا من مسؤولية ضعف شعبية أمريكا في العالم الإسلامي باعتبارها السبب الثاني، ويقول: “إسرائيل تعد في أعين المسلمين شكلا من أشكال الاستعمار الجديد، يعمل على إحباط كل محاولات نهوض الشعوب الإسلامية، فضلا عما تشكله من تهديد للهوية الإسلامية“.

أما السبب الثالث، الذي توصل إليه الكاتب فهو تدعيم الولايات المتحدة لبعض الأنظمة العربية الديكتاتورية التي لا تختلف مخاطرها على شعوبها عما تمثله إسرائيل من مخاطر.

ولا يعني ضعف شعبية أمريكا في العالم الإسلامي أن الشعوب الإسلامية لا تشعر بالإعجاب بالولايات المتحدة، بحسب الكاتب، فالقيم الديمقراطية التي تتبناها أمريكا تلقي إعجابا لدى العديد من أبناء الأمة الإسلامية، إلا أن هذا الإعجاب سرعان ما يزول ليحل محله شعور بالغضب بسبب ازدواجية المعايير، فالقيم الديمقراطية الأمريكية تختفي تماما عندما تخرج من الأراضي الأمريكية وتتجه صوب الدول الإسلامية.

http://www.shorouknews.com/ContentData.aspx?id=474690

Related

Peristiwa 8391323603338244656

Post a Comment

Teknik dan Strategi Menguasai Search Engine Google untuk Memenangkan Kompetisi Website Bisnis

http://picasion.com/

Software GO SMART AND FUN

Total Pageviews

Paling Banyak Dikunjungi

Belajar Import dari Cina

INDONESIAN 3D ARCHITECT COMMUNITY

Translate

item